Google telah meluncurkan mesin pencari AI baru: cara bergabung

Author
Published Mei 27, 2023
Google telah meluncurkan mesin pencari AI baru: cara bergabung

Google telah meluncurkan Eksperimen Pencarian Generatif, atau SGE, versi beta pencarian yang menyematkan jawaban AI langsung ke hasil, kata perusahaan itu dalam posting blog Kamis.



Tidak seperti Google Search biasa, yang menampilkan daftar tautan berwarna biru, SGE menggunakan kecerdasan buatan untuk menjawab pertanyaan Anda langsung di halaman web Google Search. Setelah memasukkan kueri ke Google Penelusuran, kotak hijau atau biru akan meluas dengan jawaban baru yang dihasilkan oleh model bahasa besar Google, seperti yang menjalankan ChatGPT OpenAI.


Google menarik informasi ini dari situs web dan tautan ke sumber daya yang digunakan saat membuat jawaban. Dimungkinkan juga untuk mengajukan pertanyaan lanjutan di SGE untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.


Saat ini, SGE tidak terbuka untuk umum dan mengharuskan Anda mendaftar ke Google Search Labs. Untuk bergabung, klik tautan di sini. Lab Riset saat ini hanya tersedia untuk sejumlah kecil orang di AS dan hanya dalam bahasa Inggris, meskipun Anda dapat bergabung dalam daftar tunggu. SGE dapat diakses melalui browser web desktop Chrome atau Google Apps untuk Android dan iOS.


Google tidak menanggapi permintaan komentar.


Dengan peluncuran ChatGPT akhir tahun lalu, chatbot bertenaga AI yang dapat menjawab hampir semua pertanyaan dengan jawaban unik, perusahaan menambahkan fitur AI generatif ke produk mereka di tengah meningkatnya minat publik. Google meluncurkan Bard awal tahun ini, sebuah chatbot AI yang mirip dengan ChatGPT. Microsoft menindaklanjutinya dengan menambahkan ChatGPT langsung ke Bing, termasuk generator gambar AI yang didukung oleh Dall-E, dan juga oleh OpenAI. AI chatbot didukung oleh model bahasa besar, atau LLM, sebuah teknologi yang menggunakan sekumpulan besar data tekstual untuk menulis kalimat yang meniru bahasa manusia. Model ini terutama dimaksudkan untuk menentukan kata terbaik berikutnya ketika menyusun kalimat, sebuah proses yang telah dijelaskan sebagai "pelengkapan otomatis pada steroid".


Kecerdasan buatan juga menjadi fokus utama awal bulan ini di Google I/O, konferensi pengembang tahunan raksasa pencarian, di mana istilah tersebut diucapkan lebih dari 140 kali selama presentasi dua jam. Selama konferensi I/O, Cathy Edwards, wakil presiden teknik di Google, mengatakan bahwa dengan penelusuran Google standar, orang harus memecah kueri rumit menjadi beberapa pertanyaan, menelusuri situs web untuk mendapatkan informasi, dan menyusun jawabannya di kepala mereka. Dengan SGE, AI dapat melakukan semuanya untuk Anda.


Cara bergabung dengan daftar tunggu Google Search Labs

Berikut cara bergabung dengan daftar tunggu Search Labs agar Anda menjadi orang pertama yang menguji Google SGE:


  1. Buka browser Chrome di komputer Anda atau aplikasi seluler Google.
  2. Masuk ke akun Google Anda.
  3. Buka tab baru di browser Anda.
  4. Di kanan atas, akan ada ikon Lab (untuk gelas kimia) jika Lab tersedia untuk Anda.
  5. Jika ada ikon Labs, klik di atasnya lalu klik Join Queue.
  6. Anda akan menerima email saat fitur lab tersedia.


SGE adalah bagian dari Search Labs dan menyertakan fitur eksperimental seperti panduan kode, yang membuat saran pengkodean langsung di pencarian dan ditambahkan ke spreadsheet, fitur yang dapat secara otomatis membawa informasi yang ditemukan dalam pencarian ke Google Sheets.


Jika Anda dapat bergabung dengan SGE sekarang, Google meminta Anda untuk menyetujui pemberitahuan privasinya dan meminta Anda untuk tidak menyertakan informasi pribadi yang sensitif atau rahasia yang "dapat digunakan untuk mengidentifikasi Anda atau mengidentifikasi orang lain dalam interaksi Anda dengan fitur SGE". Ini karena selama uji coba beta ini, sebagian data akan dianalisis oleh peninjau manusia, meskipun data tersebut akan "disimpan dengan cara yang tidak terkait dengan akun Google Anda". Dimungkinkan untuk menghapus interaksi melalui halaman Aktivitas Saya.


Google juga memperingatkan terhadap kecerobohan yang terlibat dalam AI generatif dan akurasi dapat bervariasi. Ini kemungkinan besar merujuk pada "halusinasi", masalah yang ditemukan dalam AI generatif di mana ia dapat dengan percaya diri mengatakan sesuatu itu akurat padahal sebenarnya tidak. Google menyarankan agar Anda tidak mengandalkan AI generatif untuk layanan medis, hukum, keuangan, atau profesional lainnya.

Posting Komentar

Copyright © 2023